Discover The Science Is Every Story

JERUK DAN SODA BAHAYA BUAT GIGI

Rasa manis dan asam tidak hanya memberikan sensasi yang menyenangkan di mulut. Tetapi juga bisa berakibat buruk untuk kesehatan gigi. Berikut lima jenis makanan yang dapat merusak gigi.

1. Buah kering
Agar lebih awet banyak buah dikeringkan. Jenis buah yang sering digunakan adalah anggur dan kurma. Teksturnya lengket dan mengandung banyak gula. Jika terlalu banyak dikonsumsi, gula pada buah kering dapat berubah menjadi bakteri di mulut dan meningkatkan risiko pengeroposan gigi.

2. Minuman bersoda
Rasanya yang manis dan menyegarkan disukai banyak orang. Sayangnya jika air manis ini mengendap lama di mulut, dapat membuat gigi menjadi keropos dan berlubang. Karena itu, konsumsi minuman manis perlu dibatasi.

3. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol juga dapat merusak gigi. Pasalnya, minuman ini dapat menurunkan produksi air liur. Jika air liur berkurang maka partikel makanan yang tersisa di mulut sulit dibersihkan. Dengan begitu gigi dan gusipun bisa cepat rusak.

4. Jeruk
Rasa asam pada jeruk juga bisa merusak gigi. Kandungan asam yang terserap ke sela-sela gigi akan tersimpan lama dan menyebabkan gigi berlibang. Jika tak ingin gigi menjadi rusak, sebaiknya segera minum air putih untuk membersihkan asam yang tersisa di mulut.

5. Makanan bertepung
Makanan yang dilapisi tepung umumnya digoreng hingga kering. Meskipun terasa renyah dan enak di mulut, ternyata makanan ini dapat menimbulkan bakteri yang membentuk plak gigi. Terlebih jika makanan tersebut masih panas atau baru matang, bisa-bisa gigi menjadi cepat rusak dan mudah ngilu.
0 Komentar untuk "JERUK DAN SODA BAHAYA BUAT GIGI"

Back To Top