Discover The Science Is Every Story

Seni Mengungkapkan Cinta

Cinta itu fitrah, makanya tidak boleh diingkari keberadaanya. Siapapun dia pasti akan mengalami jatuh cinta. Betapa cinta bisa mempengaruhi kehidupan seseorang. Rasa rindu saat jatuh cinta atau rasa penyesalan dan sakit hati saat cinta itu tak kesampaian menunukkan besarnya pengaruh cinta.
Merujuk pada terminologi bahasa, para ahli bahasa berlainan pendapat dalam mendefinisikan cinta. Lafadz cinta yang dalam bahasa Arab berarti Al Qurt , yang artinya anting-anting, karena anting -anting itu selalu bergerak - gerak, cenderung berguncang-guncang di telinga yang memakainya. demikian pula orang yang sedang jatuh cinta, hatinya selalu berguncang-guncang sambil khawatir terhadap kekasihnya,tak pernah merasa tentram.
Ada lagi yang berpendapat bahwa lafadz Al Hubb berasal dari Al -Habbaab yang berarti gelembung air, karena orang yang lagi jatuh cinta hatinya selalu bergejolak ingin selalu disamping kekasihnya. Sebagian berpendapat lain bahwa Al Hub berarti Al Habriyyah yang berarti tong besar atau gayung besar, karena tong besar atau gayung besar itu tak dapat diisi lagi jika sudah penuh dengan air.

Demikian pula hati,jika sudah penuh dengan cinta, maka ia tak dapat diisi dengan lainnya.
Ulama Ma'ani berpendapat, cinta itu adalah kecenderungan hati kepada sesuatu, karena indahnya dan lezatnya cinta bagi orang yang mencintai. Jika kecenderungan itu kuat disebut shababah atau gharam, jika cintanya berlebihan disebut ashyik, jika sampai puncaknya dan masuk kerelung hati disebut shaghar, dan jika sampai menghambakan diri kepada kekasihnya disebut tatayyum.

Para ahli Tashawuf berpendapat bahwa cinta itu meliputi ilham, pancaran, dan luapan hati, cinta itu tak dapat diberi batasan dan tidak dapat didefenisikan bahkan tidak dapat dijelaskan hakikat dan rahasianya. Menurut mereka, cinta hanya dapat didefenisikan hanya dengan kata-kata saja tidak lebih. Adapun untuk mengetahui makna dari hakikatnya secara lengkap dan menyeluruh, maka itu diluar kemampuan manusia, karena cinta itu dapat dirasakan tapi tidak dapat disifati, dapat dimengerti tapi tidak bisa didefinisikan. Definisi cinta dalam pandangan ahli Tashawuf mengarah pada Allah SWT.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Seni Mengungkapkan Cinta"

Back To Top