Kamis, 01 Agustus 2013

10 CARA MENDETEKSI KERUSAKAN HP

Posted by Noviyanto Eko Suroso On 8/01/2013 08:33:00 AM | No comments
Cara mendeteksi kerusakan hp secara umum :

1. Untuk mengecek signal hp, kita pilih pengaturan jaringan menjadi manual. Dan cobalah melakukan pencarian jaringan. Jika hp dapat mendeteksi 4 atau lebih jaringan, maka dapat dikatakan signal handphone masih normal. (yang penting jangan di daerah pegunungan)

2. Untuk masalah baterai, cobalah menelpon operator (biar gratis) agak lama, kalo gak sampe 5 menit baterai sudah berkurang drastis, bisa jadi baterainya drop atau ada kerusakan pada power handphone (ic power atau terjadi konsleting)

3. Cobalah menelpon operator untuk mengecek suara dari speaker handphone. Kalo suaranya gak enak berarti ya harus ganti.

4. Cobalah merekam pada fitur rekaman, itu untuk mengecek apakah mic dari handphone tersebut masih bagus, atau sudah rusak. Kalo gak ada fitur perekam ya terpaksa harus telpon temen. hehehe

5. Test kamera (kalo ada kameranya)

6. Test radio, untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada bagian headset.

7. Untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada CPU handphone, cara mengeceknya adalah dengan menekan tombol 1 - 9 (randomly) keypad dengan sangat cepat berulang ulang, kalo tiba tiba hapenya hang atau mati, maka bisa dipastikan CPU nya lemah, dan sudah tidak layak untuk dipakai.

8. Untuk mengecek apakah ada konsleting pada seluruh bagian handphone, kita dapat menggunakan
avo meter. Taruh jarum avo ke 10X, lalu hubungkan avo dengan connector baterai (+ dengan -) ( -
dengan +) kalo jarum avo terangkat, berarti sudah terjadi konsleting pada handphone tersebut. Dan sudah pasti handphone tersebut boros baterai (kecuali BB)






9.  Test LCD, kalo yang ini bisa di lihat sendiri, apakah ada janggal di LCD atau tidak.

10. Khusus beberapa tipe handphone sony ericsson, ada cara yang praktis mengecek kerusakan pada hp.

Caranya adalah dengan menekan [kanan kiri kiri kiri]. (kiri maksudnya arah kiri). Maka akan muncul beberapa opsi, pilih uji layanan, lalu akan muncul banyak pilihan untuk mengecek hp tersebut. Tambahan, untuk melihat handphone tersebut sudah ganti backchasing atau tidak adalah dengan mencocokkan imei pada software hp dengan imei pada backchasing. Imei pada software bisa dilihat dengan cara menekan tombol [#06#] (untuk semua jenis hp).

0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

Hijab Is My Way ^_^