Discover The Science Is Every Story

USB Disk Scurity, sudah amankah port USB kalian??



Saat ini sangat banyak sekali perangkat yang menggunakan port USB mulai dari flashdisk, cardreader, hardisk portable, handphone hingga camera digital semua menggunakan port USB. Padahal terkadang belum tentu perangkat tersebut bersih dari virus ataupun malware. Sering kali teman kita datang maen ke tempat kita dan menyambung flashdisk atau hardisk tanpa tahu bahwa perangkat mereka mengandung virus. Bagaimana cara mencegah agar virus yang ada dalam perangkat tersebut tidak masuk dalam komputer kita?

Pertama yang harus kita ingat dunia virus ini sangat kejam, sebagus-bagusnya sebuah antivirus tetap harus ditemani oleh software lain yang bertugas sebagai satpam dalam rumah komputer kalian. Nama software ini adalah USB Disk Security, tugasnya selain sebagai screener tingkat pertama juga sebagai penjaga awal sebelum sang tamu tak di undang bertemu dengan tuan rumah.

Isi dari USB Disk Security ini sangat sederhana

  1. Protection Status, pada bagian ini adalah berisi tentang status proteksi pada komputer kita.
  2. USB Shield, pelindung ini akan aktif secara otomatis melakukan scan pada setiap perangkat yang tersambung dengan port USB. Setelah di rasa aman kita bisa membuka pintu pagar dengan menekan Safe Open, maka sebuah jendela Explorer yang tertuju pada perangkat akan terbuka.
  3. USB Scan, scan ini dilakukan secara manual jika kita merasa pada skrening awal yang dilakukan oleh USB Shield ada sebuah kejanggalan. Selain itu juga terdapat fitur yang berjudul USB Vaccine yang fungsinya sendiri selain mematikan fitur autorun pada Windows juga sebagai pemberi vaksin pada perangkat USB.
  4. Data Protection, nah fitur yang satu ini adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, kadang teman sering kali mengambil data tanpa ijin dari kita. Kalau sudah begitu cara satu-satu nya adalah memasang sebuah password pada port USB sehingga setiap perangkat yang hendak bertukar data melalui port USB harus menonaktifkan sekuritinya dengan memasukan password. Ada 2 tipe password sekuriti, yaitu USB Access Control dan USB Drive Control. Untuk USB Access Control ini perangkat masih bisa tersambung dengan komputer dan kita pun masih bisa melihat isi dari perangkat tersebut namun begitu sang pemilik perangkat tidak bisa memindahkan file dari komputer ke perangkatnya. Sementara USB Drive Control ini adalah untuk mematikan port USB secara total dan jika ingin menggunakannya harus memasukan password.
  5. System Tools, pada bagian ini adalah merupakan bagian kecil dari software tune up. Isinya terdiri dari Disk Cleanup, Repair System dan Autostart List
  6. Quarantine, sesuai dengan judul dan sering juga kita temui di semua software antivirus gunanya adalah untuk mengkarantina file atau aplikasi yang dianggap berbahaya.

Untuk mendapatkan software ini silahkan kalian mendownloadnya di http://www.mediafire.com/?gtx3vgq6jbngbhp . Jadi mencegah lebih baik dari pada pengobatan bukan. Keep your PC and data safe.

Sumber
Tag : Sci-Fi
0 Komentar untuk "USB Disk Scurity, sudah amankah port USB kalian??"

Back To Top